Episode Burung Kecil


Sorry kalo cerita-cerita kali ini gue baru update. Gue lagi di galau-in sama UTS hehe. Jadi gue sibuk mempersiapkan diri ngadepin nih ujian. Langsung aja yah? Berminggu-minggu yang lalu gue nemuin kejadian memalukan, sekaligus asik. Yap, gue nemuin burung jatoh. Hubunganya? Gini nih ceritanya.

Waktu itu gue lagi siap-siap mau praktikum. Di kampus gue biasanya kalo mau praktikum ada responsi dulu sebelum mulai praktikum. Bagi yang belom tau responsi itu apaan, cowo ganteng ini bakalan jelasin buat lo deh. Jadi, responsi itu semacam test ato ujian kecil-kecilan buat uji kemampuan lo tentang yang dipraktikum hari itu juga. Kalo lo ga bisa ngejawab, otomatis lo keluar dari praktikum, dan nyelesein atau ngebenerin jawaban responsi hari itu juga. So, karena gue mahasiswa yang taat, sok rajin, dan gamau dikeluarin lagi dari praktikum, gue harus belajar! *ciee*

Siang itu rencananya gue mau belajar bareng sama temen-temen gue di kafe *sekarang gue udah bisa bedain mana kafe, ampera, rumah makan, sama restoran lho?* yang ada deket lab farmasi, namanya kafe Mintuo. Tapi
keberuntungan dan kesempatan tidak memihak gue hari itu. Kafe penuh. Artinya gue ga bisa belajar bareng disana dan gue ga bisa jajan. Bagus! Gue terancam keluar dari praktikum...lagi.

Akhirnya gue pindah ke kafe lainnya bareng temen-temen gue. Yap, lab yang deket dari kafe Mintuo yatu kafe yang ada di kawasan lab Biologi. Di perjalanan gue hampir aja meinjak seekor burung gereja keciil, tepatnya di parkiran. Burung itu kecil banget, imut juga. Keimutan tuh burung membuat gue coba deketin tuh burung, untung aja ga kesurupan ngeliatin wajah gue. Waktu itu ada Veno juga ngikutin gue dari belakang. Dia ngeliat gue yang lagi polos-polosnya ngedeketin tuh burung malang. Dan dengan polos dia nyeletuk:

‘MAOOO!!! BURUNG KAMU JATOOH!!’

Biadab.

‘Ehh, bukan Ven. Ini bukan burung gue. Punya orang kali?’ gue mencoba menjelaskan.

‘Itu burungnya kan kecil? Jadi pastilah burung kamu yang jatoh mo! Badan kamu kan juga kecil?’. Masih ngotot.

‘Bukan burung gue Ven, bukan. Pasti yang punya nih burung ga jauh dari sini.’

Ini percakapan ter-biadab yang mungkin pernah didengar sama orang-orang disekitar gue. Mereka pasti mikir kalo benar burung gue lepas atau semacamnya. Gue cuma takut mereka jerit-jerit ga jelas mendengar percakapan tadi. Ketenaran gue tercemar.

Karena gue orangnya penyayang binatang, apalagi sama binatang yang unyu-unyu, gue putusin buat bawa tuh burung ke tempat ke kafe Biologi dimana temen-temen gue pada ngumpul buat belajar bareng disitu. Gue bungkusin tuh burung dengan tisu praktikum yang gue bawa dari rumah biar ga menggigil kediginan. Kasihan.

Disana udah ngumpul temen-temen gue Anshar, Afiq, Vina, Berry, Veno, dan Abak (Rama). Penderitaan gue tentang gosip gajelas ga cukup sampe di parkiran tadi. malah menjadi-menjadi dengan Veno jerit-jerit kesurupan ngejelasin yang terjadi barusan sama temen-temen gue.

‘Eh, kalian semua udah tau belum? Burung si Mao lepas lho?’ celetuk Veno dengan muka ekspresif.

‘Hah! Seriusan? Pasti burung Mao kecil.’ celetuk Anshar polos.

‘Halaah, palingan burung Mao udah karatan.’ Nyolot Vina.

Sial.

‘Hooo, Berry tau Berry tau. Yang burungnya kecil, berbulu coklat, halus dan menggemaskan itu kan?’ si Berry mulai berceloteh ngomongin gue.

‘HAAAA?!! HALUS GIMANAA?? BURUNG MAO ITU GA HALUUUSS. UDAH GUE PEGANG KOK!!’ lo pada pasti udah tau yang ngomong kek gini siapa. Yap, Veno.

‘Woi woi? Itu bukan burung gue kampret. Burung gue ga mungkin kecil kek gini.’ Gue mencoba menjelaskan.

‘Hah? Terus burung lo gede mo?’ tanya Veno.

‘Ga gede-gede banget sih. Lumayanlah.’

Sekedar info, dulu gue pernah memelihara burung. Lumayan gede sih, tapi udah pergi ninggalin gue. Padahal gue sayang banget sama dia. Sering gue peluk, nemenin gue boker di WC, gue iket pake tali trus gue puter-puterin talinya kek bianglala, yaah ga kenceng-kenceng banget sih, tapi pernah kepental aja. Hmm, Blacky..gue jadi kangen.

‘Trus, sekarang gimana keadaan burung mao?’ celetuk Berry lagi.

‘Ga tau. Keknya udah mau mati tuh burung mao’ jawab Veno polos.

‘Ooo, Berry tau nih. Palingan kalo dielus lagi bakalan idup lagi’

‘Dielus? Perasaan udah aku elus kok burung mao’

Percakapan biadab.

‘Terus ga bangun?’ celetuk Anshar.

‘Ga keknya. Loyo gitu tampangnya. Veno jadi kasian.’

‘Dasar impoten.’ ketus Afiqh.

Gue mulai risih dengan percakapan biadab ini. Biadabnya lagi, yang dengerin percakapan ini sungguh banyak. Hampir semua mata ngeliatin gue dengan tampang sinis sekaligus kasian. Sial. Gue tau persis kok, kalo burung itu ga impoten. Tapi karena gue orangnya sedikit cool, gue mencoba buat bersikap santai sambil mamerin burung gue ‘itu’ dengan tarian tori-tori. Untungnya mereka paham.

Gue mulai buka diktat praktikum dan laporan gue yang penuh dengan tulisan ajaib. Dikarenakan kepepet waktu gue ga sempet mesen makanan, gue cuma bisa beli bakwan sambil ngapalin materi, teori, cara kerja, alat dan bahan, prinsip praktikum gue nantinya. Yap, gue ngapalin teori-teori sambil makan bakwan plus natapin mata tuh burung. Romantis.

Jam masuk praktikum gue hampir masuk saat itu. Gue ga tega ngeliat burung itu mati kedinginan atau mati karena ngeliatin muka gue, gue putuskan buat ninggalin dia disana sambil diselimutin tisu...sendirian. Gue juga ninggalin duit receh kalo seandainya dia pengen beli bakwan.

Kesimpulan:
1. Kalo ngomongin burung, jangan keras-keras.
2. Kalo jalan sama cewe sambil ngeliat burung jatoh, menjauhlah. Itu paling aman.
3. Kalo lo dikatain impoten, menarilah sambil mamerin burung lo. *Maksudnya burung yang lo temuin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Monyet Absurd