Teh dan Razia


Hai hai haaaaaiii!! Weeeew, udah lama banget gue vakum buat nulis nih. Banyak kejadian-kejadian konyol yang udah gue laluin mulai dari bulan puasa sampai masuk kuliah lagi kek sekarang. Gue larut ama kesibukan gue yang mulai menggerogoti muka gue, sampe-sampe muka gue jadi abstrak lagi. Aaaaaakkk!!!

Oke, itu cuma prolog.

Beberapa minggu yang lalu gue abis nemenin Febry, pergi ke Alahan Panjang buat nyari bibit teh. Ini dia lakuin semata-mata hanya buat melunasi kewajiban kita sebagai praktikan. Yap, di semester ini kita harus ngejalanin praktikum Farmakognosi. Dan praktikum ini
kita diwajibin buat nanam tanaman budidaya. Nah, kebetulan si Febry dapet tanaman teh.

Sebelumnya gue sama Febry udah ngerencanain sama apa pergi kesana? Siapa aja? Bawa apa? Bahkan pake baju warna apa? Lebih mirip orang nge-date lah.

Minggu pagi, 6 Oktober 2013 gue udah siap-siap berangkat pergi. Dari nyiapin jaket, sepatu, motor, kolor kopi, dan sebagainya buat persiapan berangkat nanti. Tetapi semua berubah saat Negara Api menyerang..Febry sms gue secara biadab.

Mo, ga jadi ke Alahan Panjang.

Kampret.

Oke, kali ini gue bete. Om-om ini sering banget php-in gue. Baru kali ini gue di-php-in sama cowok.

Aaaarrrggh!

Gue lempar sana-sini persiapan yang udah gue siapain dari tadi, mirip kayak teletubbies kalo lagi ngamuk. Ngerilah pokoknya.

Gue cabut ke kamar gue yang penuh ama kolor kertas-kertas fotocopy-an. Sambil garuk-garuk tembok, gue merenungin apa salah yang udah gue lakuin di muka bumi ini. Sampe-sampe gue di-php-in sama cowok unyu kayak dia. Atau mungkin gue udah garis hidup gue di-php-in sama Febry. Gue memang korban php sepertinya.

Ga nyampe 30 menitan, Febry nelponin gue. Mungkin dia minta maaf udah php-in gue.

Ceklik!

“Halo mo, temenin kita ke Alahan Panjang yuk? Aku ada link disana” Febry nyeletuk tanpa rasa bersalah.

Biadab.

Kirain dia bakal bilang minta maaf, atau mau ngajak makan sebagai pertanda minta maaf. Eh ternyata, dengan polos dia ngajakin gue lagi kesono.

“Oke feeb” jawab gue sambil ngasah parang.

Gue berangkat sekenanya aja, lagipula persiapan gue udah kepental sana kemari. Gue pamit sama orang tua gue. Yaah, restu kedua orang tua itu perlu, ya ga sob? Apalagi kalo minta restunya sambil malak uang jajan huehehe.

Kita janjian ngumpul di bengkel yang ga jauh dari pasar’banda buek’. Disana udah ada Fandi, temen gue yang juga ikutan pergi, sepertinya dia juga korban php-nya Febry, udah terlihat dari raut muka dia yang polos aja, sekarang lebih menggenaskan, mirip seperti Dora yang lagi ngamuk. Ngeri jugalah.

Disana si Febry ternyata mau ngelakuin persiapan sebelum berangkat ke Solok. Dia beli spion baru, spion lamanya udah pecah. Biasanya, di perbatasan Padang dengan Solok dilakukan razia kendaraan bermotor. Jadi buat antisipasi sebelum motor dia kena jaring. Buat yang belum tau dengan daerah Sumbar, Alahan Panjang itu harus ngelewatin perbatasan Padang dengan Solok. Jadi jalan yang paling deket dari Padang ke Alahan panjang, ya harus ngelewatin jalan perbatasan ini.

Tapi anehnya, spion yang dipasangnya ini, spion ke kanan semua. Gue dan Fandi cekikikan ngeliatnya.

“Spion kirinya mana Feb? Kok ke kanan semua yang lo beli?” tanya gue sambil cekikikan

“Ada kok, udah lah pake ini aja. Gpp kok, sama aja.”

Gue ngangguk nandain kalo gue oke-oke aja dengan spion yang dia pake. Tapi gue liat Fandi malah makin parah cekikikannya. Mungkin ga tahan liat Febry yang maksa bilang ‘gpp’ yang sebenernya ga bisa masang spion ato ga tau mana kanan ato kiri.

Di perjalanan mendaki bukit, semua baik-baik aja. Cuaca yang kita dapetin waktu itu cerah. Kita beruntung ga dapet ujan di perjalanan mendaki bukit yang melewati perbatasan Padang dengan Solok. Tapi, di perbatasan antara Padang dengan Solok, yang kita takut-takutin dari awal pergi terjadi. Ada razia bencong motor. Gatau kenapa, seketika langsung mendung dan hujan. Ini pertanda buruk.

Motor yang gue pake aman-aman aja, alias ga kena razia. Nah, motor Febry yang udah lengkap dengan spion ‘kanan-kanannya’ terjaring dengan sempurna. Kebetulan petugasnya bapak-bapak pake jenggot..jenggotnya keren #apalah.

“Selamat siang dek” si bapak jenggot nanya

“Siang pak” jawab Febry

“Bisa perlihatkan SIM dan STNKnya?”

“Bisa pak. Tapi salah saya apa ya pak? Semuanya lengkap kok pak”

“Perlihatkan saja SIM dan STNKnya. Dan kamu! Mana SIMnya?” sontak petugas itu nanyain Fandi yang lagi melongo.

“Loh?? Kok saya di minta juga pak? Seharusnya yang bawa motor yang ditanya dong pak?” jawab Fandi kaget

Bapak itu terdiam. Mereka juga. Gue setengah mati cekikikan.

“Nah lampu kamu baru dihidupkan bukan?”

“Hoo kalo itu betul sih pak, baru dihidupin” Febry ngejawab dengan jujur.

Alhasil, Febry terpaksa membayar denda dengan harga yang telah ditentukan.

“Pak, bisa dikurangin ga pak dendanya? 20 ribu aja deh pak? Saya mahasiswa pak. Kasihanilah paak” Febry memelas dengan muka unyunya.

“Tidak bisa. Itu sudah ketentuan dek.”

Ternyata muka unyunya tak berhasil.

“Yaudah deh pak, saya sepakat!” Balas Febry dengan muka ceria.

Sial, kirain mau ngebantah atau tidak terima, eh ni om-om malah menerimanya kesepakatan dengan muka penuh kebahagiaan. 

Biadab.

...

Nyampe di alahan panjang, kita cukup kesulitan nyari tempat yang dibilang Febry tadi pagi. Alhasil, kita seperti anak hilang di kota orang lain. Mirip kayak anak ayam kehilangan induknya. Ciiiaapp ciiiaaaapp..

            Beberapa jam setelah kehilangan, akhirnya kita nemuin tempat yang dituju dengan bertanya dengan orang-orang dijalan. Untungnya mereka paham dengan bahasa yang digunakan Febry.
 
Tempat yang kita tuju ini bisa dikatakan bener-bener nyaman, bener-bener indah dan bener-bener kerenlah. Lo pada mungkin kudu kesini deh. Ciptaan-Nya bener-bener bikin takjub.

Disana, kita ketemu dengan seorang bapak yang gue rasa berasal dari Jawa. Cara dia ngomong dengan kita udah keliatan banget logat Jawanya. Bapaknya ramah dengan kita. 

Sampe-sampe kita dibikinin teh dari taneman yang kita ambil. Mungkin kasihan dengan muka kita yang mulai memelas kelaparan.

Setelah beberapa menit kita metik dan nancepin teh ke polybag, akhirnya satu kardus bibit teh udah siap untuk dibawa pulang ke Padang. Kita pamit dan ga lupa ngucapin terimakasih sama bapak tadi. Pengalaman yang ga penting emang, tapi cukup seru buat dilaluin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Monyet Absurd