Gadis Itu Bernama 'Uwa'


Jadi jomblo bukanlah akhir segalanya. Walopun golongan kaum yang katanya miskin cinta ini sering di-bully sama temen-temen yang udah atau masih punya pacar, tapi itu bukanlah jadi suatu acuan yang valid kalo kita ga bisa buat move-on. Gagal bukan akhir segalanya broh, itu prinsip gue. Ini yang gue rasain saat ini, gue mencoba buat move-on. Walopun tampang gue ga mendukung banget, tapi gue tetep semangat huehehee #mukamaksa.

‘Sebelas Bulan Maret Tahun Dua Ribu Tiga Belas’ ini yang menjadi acuan bagi gue buat move-on. Bukan karena gue kepengen nyari tanggal yang enak buat move-on atau sebangsanya, tapi di hari itulah gue ketemu sama seseorang. Yap, namanya
Uwa, sesuai judul cerita gue kali ini.

Awalnya gue berpikiran ga bakalan bisa buat move-on, tapi temen gue Afiqh ngepatahin kegalauan gue. Om-om satu ini minta tolong sama gue buat nemenin dia pergi kondangan di rumah pacarnya.

‘Bro, temenin gue ke rumah Eja* dong tanggal 11 besok?’ *baca = pacar afiqh.

‘Hee? Ngapain? Tumben hari Senin begitu lo mau ngapel?’

‘Kagaak, gue mau pergi kondangan di rumah Eja’

‘Haa? Eja nikah? Wahh kasian lo yee? Udah jelek, ditinggalin nikah lagi.’

‘Kampret. Bukan Eja yang nikah nyet. Tapi tantenya.’

‘Hoo, males ah. Gue gamau jadi obat nyamuk buat kalian.’

‘Yaelah, kagak kok. Eja kan punya banyak adek, mana tau ada yang kepincut sama lo.’

‘Hee? Siapa? Adeknya yang SD itu?’

Sekedar info, pacarnya om-om satu ini punya banyak adek. Dari yang TK, SD, SMP, dan dia yang SMA. Lengkap yah ternyata? Sayangnya belum ada yang PAUD.

‘Kagak nyeet. Yaa kita liat aja besok, sip mblo?’

‘Heeeh. Padahal gue lagi semangat-semangatnya tidur dirumah. Yadeeh. Makanannya ga bayar kan?’

Gue, sebagai cowok pura-pura sedikit normal, paling ga nahan yang namanya makanan...gratis. Kalaupun harus bayar, gue bakal cari segala cara gimana ngedapetin keganasan rangsangan ‘Gratis’.

‘Yaiyalah gratis nyet. Kalopun bayar..kita pulang aja.’

Dasar, cowok kere. Tapi ide om-om ini bagus juga.

Besoknya, yap tanggal 11 itu, gue sama om-om ini berangkat kerumah pacar si om ini pake mobil ‘kudil’nya yang super kampret ngeselin kalo naik. Gimana ga, setiap ada tanjakan yang dilewati ama nih mobil, selalu aja gue kepental sana-sini. Untung aja muka gue ga hancur kena dasbor. Yaa kalopun kena ga hancur-hancur kali lah.

Nyampe disana kita berdua lebih seperti pasangan maho ketimbang temen. Gimana ga? Yang dateng pada bawa pasangan, nah kita? Seperti aib.

Kedatangan kita berdua yang hampir nyampe didepan rumah Eja dimulai dengan rangsangan keidiotan kami yang muncul secara biadab.

‘Nyet, lo lupa sesuatu ga?’

‘Hee? Apaan? Kancut lo lepas?’ tanya gue polos.

‘Bukan nyet, masa kita ga bawa apa-apa sih?’

‘Amplop maksud lo?’

‘Iyee, masa kita cuma makan gratis doang? Gengsi dong?’

‘Hmm, tapi gue ga punya gengsi. Tapi omongan lo ada benernya juga’

Dengan tampang bodoh kita balik kanan buat beli amplop. Padahal pacarnya Afiqh udah mau nyambut kita pake tari piring dari jauh. Kasihan juga di PHP-in gitu.

Abis beli tuh amplop dan tak luput kita isi dengan sedikit uang, yah sesuailah seharga makan di ampera, kita putusin buat balik lagi kesana dengan penuh hawa nafsu. Yap, makanan ngebikin kita buta segalanya.

Nyampe disana gue Cuma bisa celingak-celinguk liatin orang-orang yang ga gue kenal datang buat salam-salaman, foto-foto, dan makan-makan, dan jadi pembunuh nyamuk terganas diantara couple bird* ini. *baca = Afiqh + Eja. Yah, setidaknya gue masih disogok sama sate. Tapi ada satu hal yang menarik perhatian gue disana. Ada cewe sob. Yap, selain makanan, gue juga tertarik sama cewe.

Seinget gue, waktu itu dia lagi make kebaya, dan kamera SLR yang dia kalungin. Raut muka? Hmm, cantik, mukanya pirus, rambutnya lurus.

‘Om, itu siapa?’ sambil nunjuk tuh cewek dari belakang.

‘Hah? Ooo Itu? Ntar..’ ‘yang, panggilin adek kamu dong? Si Mao pengen kenalan sama adek kamu.’ Om-om sook cool ini ngomong frontal di depan Eja dan gue. Sial...itu baru temen gue.

‘Oke sipp.’ Jawab Eja polos.

Gue yang lagi makan sate, cuma bisa terdiam ngedenger percakapan mereka. Dengan hati deg-deg an tentunya. 

‘Yap, kenapa kak?’ suara cewek tiba-tiba muncul disebelah gue.

‘Ngg gaa, temenin gue’ jawab Eja polos...lagi.

Gue gatau mau ngapain. Makan sate tapi gue deg-deg an, mau ngomong duluan tapi takut dibilang ‘Ciiiee cieee, kepo yaa?’. Ah sial. Tapi keadaan diam kek gini harus cair. Ga masalah kalo gue harus dikatain kepo atau sebangsanya. Yap! Gue harus berani! Kalo bukan sekarang, kapan lagi sob?

Tapi, gue gatau mesti ngomong apa. Alih-alih takut ngomong idiot seperti:
‘Hai, kameranya bagus. Nyolong dimana? ‘ atau ‘Hai, lo mirip nenek lo ya?’ atau ‘Hai, sekarang singa bisa makan sate loh?’. Gue lebih milih ngomong lewat tulisan yang gue ketik di handphone yang gue bawa. Ini bukan karena gue takut ngomong atau apa, tapi karena situasi saat itu lagi ribut sob *alibi*.

Sekolah dimana?

Gue kasih tulisan gue yang gue buat ini secara idiot ke dia. Sembari gue ngelanjutin makan sate yang ada didepan gue, dia cuma cekikikan baca tulisan dari handphone gue.

‘Di smp 25 hehe’ jawab disela-sela suara orgen tunggal yang memekikan telinga.

‘Hoo. Itu dimana ya?’ jawab gue polos.

‘Gatau? Di Belanti. Deket Smansa.’ Jawab dia polos juga.

‘Hoo disana.’ jawab gue datar.

Smansa dan Belanti, kenangan lama yang udah gue hapus muncul lagi. Yap, kenangan dengan mantan. Sial.

‘Nama lo Uwa yee?’ gue mencoba ngalihin kenangan yang muncul tadi.

‘Iyaa, kenapa?’

‘Kek nama cowok. Gue kirain cowok beneran hehe.’ Jawab gue sok polos.

‘Iiiihh, biarin. Emang nama lo siapa?’

‘Oh, sorry gue lupa. Nama gue Ryan, tapi kebanyakan temen gue manggil Mao. Ga pake ‘h’.’

‘Hahaa Mao yaa? Hehe nama lo lucu juga.’

Itu sungguh pernyataan fitnah dari hasil survei yang gue peroleh dari orang lain...selama ini.

‘Lo beneran adek Eja? Kok gak mirip ya? Kakak lo kan rada bulet gitu, kok badan lo ga ikutan bulet?’ tanya gue masih berlanjut.

‘Hoo, iyee. Banyak yang bilang gitu. Tapi banyak lho tetangga gue yang bilang kita mirip.’

Mirip? Gue mikir ulang dari semua persamaan yang gue dapet. Kakaknya rada bulet dan penuh, dan adeknya rada kecil. Kesimpulan: mereka mirip...kalo gue jawab seperti ini di ujian matematika dengan pertanyaan yang sama, pasti gue bakalan dapet nilai 100. Jikalau tidak, salahkan tetangga mereka.

Biasanya, gue bakal milih diam ga menentu kalo gue lagi deket cewek yang baru gue kenal atau yang bisa attract hati gue. Bahkan gue udah di cap pasti ngelakuin tindakan salting. Yap, waktu itu tindakan salting gue terdekteksi gara-gara sate yang gue makan. Sate, kau akan ku bunuh.

Sedang asik-asiknya diem-dieman *asik?* gue secara ga sengaja numpahin tusukan sate yang udah gue jamah, di tangan Uwa. Sial. Refleks, gue ngambil tisu praktikum yang selalu gue bawa dalam tas gue. Dan sialnya lagi, kebetulan tisu yang gue bawa bergambar unyu dan menggemaskan. Alhasil, dia cuma cekikikan ngeliatin tisu yang gue bawa. Gue pasti dianggap mahasiswa labil.

Gue bener-bener ga nyangka hari itu bakalan kejadian seperti ini. Sehabis dari rumah Eja, gue pulang bareng om-om tadi dengan muka penuh senyum-senyum sumringah dan nomer Uwa yang udah ke-save di handphone gue.

Gue ga peduli sama orang lain katain ke gue tentang kejadian ini. Perbedaan 5 tahun ga masalah bagi gue, yang penting bagaimana kita bersikap dewasa dalam berhubungan dan saling menjaga perasaan satu sama lainnya. Kalo nyokap dan bokap gue yang punya jarak umur yang berbeda jauh juga, kenapa gue ga bisa? Dan mudah-mudahan ini jadi awal baru bagi hidup gue yang suram hehe.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Monyet Absurd