Ada Monyet Lagi Ujian Praktikum!


Kuliah di farmasi itu susah-susah gampang. Ada gampangnya, rame syusahnya. *Huft*. Ketahanan sebagai farmasis itu diuji dengan ujian praktikum yang ada. Kejadian yang gue alamin ini paling nguji ketahanan gue sebagai farmasis sok muda *weis*.

Kejadian ini bermula dari gue berangkat dari rumah dengan membawa 4 ganjelan truk kitab suci farmasi dalam satu kantong kresek! Ga kebayang deh betapa kasiannya nih kantong kresek dengan menahan kitab-kitab yang berhalamankan minimal....745,5 halaman lebih...masing-masingnya. Dari jauh aja udah keliatan nih kresek tersiksa sekali. Mungkin
kalo dikeluarin semua isinya, nih kresek bakalan punya gelambir-gelambir yang menyerupai muka onta. Sabar yah sek? Aku butuh bantuanmu.

Sebelum nyampe kampus, gue nyempetin dulu buat nge-print bahan buat ujian praktikum ntar siang. Dan kebetulan lagi gue ketemu cowok super ajaib di kelas gue, Rahmat. Setiap dosen lagi nerangin pelajaran, dia pasti mengakhiri penjelasan dosen gue dengan ketawa yang mengerikan. Seisi kelas bisa dibuat takut karenanya. Serem deh kalo denger nih bocah ketawa.

Lagi asik-asiknya nge-print sambil ngebongkah hasil sampingan idung gue, yap..ngupil. Gue dideketin Rahmat dengan muka sok polos. Gue pikir nih anak pengen ngupil bareng gue atau mau ngadu kedeaan upil yang didapet. Ternyata nih anak minta tolong sama gue buat bayarin hasil print-annya dia, dan gue sebagai cowok yang baik hati, rajin menabung dan tidak sombong ini nerima nih permohonan. Tapi setelah gue bayarin, eh nih bocah malah ngilang entah kemana ninggalin gue sendirian. Kampret.

Nyampe di kampus, gue siap-siap buat ujian praktikum yang bakal diadain. Gue mulai sok-sok rajin (lagi) buat ngadepin sperti apa malapetaka yang akan muncul buat gue. Saat gue lagi ngebalik-balik, baca cover, baca daftar isi yang ada didalam kitab-kitab suci yang gue bawa, nongolah seonggok daging, binaragawati, sang preman, Vina didepan gue. Gue syok.

Nih abang-abang cewek nguras penglihatan gue. Ada yang ngeganjel dari dia hari itu. Dia pake jilbab!. Keren. Ga gue sangka ujain kali ini ngebuat cewe berbadan kekar ini berubah penampilan. Mungin dia lupa baca ta’auz sebelum baca farmakope yang sedikit tebal itu.

Saat ujian yang menegang pun tiba, dan semuanya sukses menegang dengan sempurna. Semua.

Waktu untuk ujian hanya dalam kurun waktu 2,5 jam! Bayangkan sodara-sodara. Dan kita semua ditantang untuk membuat satu buah jurnal lengkap dengan formulasi sederhana dari sebuah sediaan yang akan ditentuin oleh asisten dan crew-crewnya yang lain. Tentu itu hal yang mudah...bagi temen-temen gue yang lain.

30 menit pertama gue masih semangat ngebolak-balikin, muter-muterin, baca cover dan kata pengantar dari semua kitab-kitab suci yang gue bawa bareng si Kresek. Untunglah si Kresek bisa istrahat sejenak. 30 menit kemudian gue ngeliat temen-temen gue udah separoh jalan nyelesein jurnal mereka, gue masih pasang tampang ‘kuul’ gue. 30 menit kemudian...TOLONGIN SAYA BACA FARMAKOPE KAKAAAAAKK!!!!

Hasil ujian gue kali itu bisa dikatakan...hancur. Tapi gue masih beruntung dari keadaan gue sebelumnya. Yah, setidaknya gue udah tau cara baca Farmakope *ada monyet baca farmakope!*

Kesadisan kitab-kitab yang gue bawa buat si Kresek belum berakhir saat itu. Gue masih butuh bantuan si Kresek, minimal nyampe rumah. Sabar yah sek? Ntar nyampe rumah kamu bisa istrahat. Ketika gue mau pulang, beberapa oknum yang kurang bertanggungjawab pun ngirain gue sebagai mbak-mbak PSG yang lagi nawarin pasta gigi buku. Mereka itu frontal banget. Ga rugi gue dandan cantik hari itu *lho?*. Bahkan ada yang ngatain gue kek ibu-ibu yang abis belanja dari pasar. Sabar yah sek? Gue tau perasaan lo gimana. Sekian *haah ga nyambung*.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Monyet Absurd